Ilmu Politik [23] Sistem Politik di Seluruh Dunia dan Penyebab serta Konsekuensi dari Kemacetan

Sabtu, 22 Juni 2019 | 14:10 WIB
0
542
Ilmu Politik [23] Sistem Politik di Seluruh Dunia dan Penyebab serta Konsekuensi dari Kemacetan
ilustr: Discover Sociology

Sistem Politik dan Kemacetan di Seluruh Dunia

Ada berbagai jenis sistem politik di berbagai negara di dunia. Jika Amerika Serikat memiliki sistem pemilihan langsung presiden, Inggris dan India memiliki sistem parlementer yang ditandai dengan campuran pemilihan langsung dan tidak langsung. Ini berarti bahwa negara-negara demokratis di dunia masing-masing memiliki versi sistem politik demokratis mereka sendiri. Dalam konteks ini, perlu dicatat bahwa dalam beberapa tahun terakhir, tidak peduli apa pun jenis sistem politik yang dimiliki negara-negara tersebut, tampaknya ada jalan buntu di antara para pembuat undang-undang dan terlepas dari upaya yang dilakukan dengan niat baik dari banyak kepala pemerintahan terpilih, kelumpuhan kebijakan, dan kemacetan politik telah menjadi fitur permanen dari sistem politik.

Sebelum menganalisis alasan kemacetan ini, penting untuk menyadari bahwa kelumpuhan politik dan kemacetan terjadi terutama karena perbedaan persepsi tentang agenda partai politik dan karenanya, tanpa menyalahkan bentuk tertentu dari sistem politik, solusi harus dicari dalam sifat partai politik dan agenda mereka bersama dengan manifestonya. Intinya di sini adalah bahwa ada kecenderungan ke arah penajaman kesenjangan di antara partai-partai politik karena sejumlah faktor dan karenanya, kemacetan dan kelumpuhan kebijakan telah menjadi aturan saat ini.

Upaya untuk Mengubah dan Perlawanan

Di Amerika Serikat, Presiden Obama berkampanye dengan janji untuk mengakhiri keberpihakan dan mengubah cara budaya politik Washington bekerja. Namun, ia tidak dapat membuat banyak kemajuan dalam hal ini dan kesulitan ini memberitahu kita banyak tentang bagaimana mengakar kepentingan pribadi dan status quoists dalam struktur politik. Di Inggris, Perdana Menteri David Cameron juga berjanji untuk merombak sistem politik dan memperkenalkan perubahan dalam cara sistem politik bekerja di negara itu. Namun, dia tidak dapat melakukannya.
 
Situasi di Eropa jauh lebih buruk karena banyak negara hanya diperintah oleh teknokrat yang tidak dipilih yang tidak memiliki kesetiaan kepada rakyat dan sebaliknya, mengikuti agenda kepentingan perbankan dan keuangan. Meskipun poin-poin ini mungkin terdengar sinis dan suram, aspek kuncinya di sini adalah bahwa sistem politik di seluruh dunia telah menjadi kebal terhadap perubahan dan sebaliknya, telah menjadi mangsa kebuntuan dan kelumpuhan kebijakan. Pelajaran dari contoh-contoh yang dikutip di sini adalah bahwa kelas politik tidak boleh bercita-cita untuk perubahan besar dan radikal dan sebagai gantinya, harus fokus pada mengutak-atik sistem sehingga setidaknya ada kemiripan ketertiban.
 
Beberapa Refleksi tentang Mengapa Demokrasi Masih Merupakan Taruhan Terbaik
 
Karena itu, harus juga dicatat bahwa generasi muda sekarang dan yang akan datang tidak dengan baik hati menerima kegagalan kelas politik ini dan memilih dengan kaki mereka dengan memprotes dan menggunakan perlawanan terhadap kelas politik. Lebih jauh lagi, ada juga keputusasaan dan sinisme dengan sistem politik yang mengarah ke ketidakpedulian dan sikap apatis. Tren-tren ini tidak menandakan dengan baik untuk masa depan demokrasi dan karenanya, ini adalah saatnya bagi semua partai politik di seluruh dunia untuk menyadari bahwa kesetiaan sejati mereka adalah kepada orang-orang yang memilih mereka dan bukan untuk kepentingan khusus yang mereka miliki dalam genggaman mereka.
 
Karenanya, tema utama dalam tulisan ini adalah bahwa sudah saatnya kelas politik melepaskan perbedaan mereka dan memastikan bahwa demokrasi bekerja dalam praktik dan tidak hanya dalam teori. Alternatifnya adalah pemberontakan dengan kekerasan atau kudeta yang akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat ditebus pada lembaga-lembaga demokrasi, yang dalam konteks saat ini pincang tetapi masih dapat mewakili rakyat. Kesimpulannya, demokrasi lebih disukai daripada bentuk sistem politik lainnya dan ini adalah pelajaran yang harus dipelajari generasi sekarang sebelum mereka mencoba mengubah sistem.

***
Solo, Sabtu, 22 Juni 2019. 1:58 pm
'salam kritis penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko